Efek Samping Konsumsi Suplemen Kolagen Yang Berlebihan

Suplemen kolagen bukan Cuma bisa memberikan manfaat namun juga ada beberapa efek samping yang bisa merugikan kesehatan yang perlu kalian perhatikan. Kolagen sendiri merupakann protein yang sanagt penting bagi tubuh yang fungsinya untuk membentuk bagian tubuh misalnya otot, kulit, tendon, serta ligamen. Kolagen sendiri ada beberapa jenis dan seiring usia yang bertambah, kolagen bisa rusak. Jadi, akan makin susah untuk kalian memproduksi lebih banyak kolagen. Itulah kenapa banyak orang yang beralih ke suplemen kolagen. Akhirnya suplemen ini muncul dalam berbagai bentuk. Tetapi, kalau terlalu banyak juga bisa bahaya loh. Apasih bahayanya?

1.Sakit Kepala

Sakit Kepala

Beberapa orang memang sangat sensitive terhadap asam glutamate yang ada di dalam kolagen. Akhirnya, seseorang nanti akan bisa mengalami sakit kepala ringan atau sulit tidur saat mereka mengonsumsi kolagen yang terlalu banyak atau terlalu dekat dengan waktu tidur.

2.Alergi

Alergi

Efek samping yang paling berisiko dari pengobatan apapun biasanya adalah reaksi alergi, orang yang alergi terhadap ikan mungkin punya reaksi juga terhadap suplemen kolagen dengan bahan dasar kelautan. Kolagen ikan bisa menyebabkan reaksi alergi pada seorang wanita dengan umur 30 tahun yang alergi dengan ikan laut.

3.Kelebihan Kalsium

Kelebihan Kalsium

Suplemen kolagen bisa membuat tubuh jadi kelebihan kalsium atau hiperkalsemia. Banyak orang yang tak sadar kalau kadar kalsium di dalam tubuh mereka meningkat. Jika kalsium terlalu tinggi, maka tubuh bisa mengalami lelah, sembelit, mual, nyeri tulang, hingga muntah. Mengonsumsi suplemen kalsium bersama dengan kolagen ikan hiu harus dilakukan dengan hati – hati dan berada di bawah pengawasan dokter maupun ahli gizi. Tetapi, reaksi mengenai kelebihan kalsium itu beda untuk tiap orang.

4.Mengganggu Kesehatan Usus

Mengganggu Kesehatan Usus

Di dalam beberapa penelitian ada efek samping gastrointestinal di dalam sebuah pemakaian suplemen kolagen. Beberapa pasien bahkan mengalami sembelit saat mereka mulai makan suplemen kolagen dengan rutin sebagai bagian dari kebiasaan mereka. Ada juga yang membuat nafsu makan jadi turun walau jarang terjadi.

5.Perasaan Sedih

Perasaan Sedih

Salah satu efek paling buruk dari suplemen kolagen adalah bisa membuat suasana hati jadi kacau. Menambahkan suplemen kolagen ke dalam pola makan bisa membuat deficit tritofan. Penurunannya ini bisa membuat kadar serotonin menurun yang bisa memunculkan perasaan gugup, cemas, mudah marah, bahkan hingga depresi. Efek samping ini sangat penting untuk diperhatikan apalagi kalau kalian punya gangguan mood.

Itulah beberapa hal yang bisa timbul jika kita mengonsumsi terlalu banyak suplemen kolagen. Kolagen sebenarnya baik untuk tubuh. Namun, semua yang berlebihan itu tak akan baik. Jadi konsumsilah secukupnya dan sebutuhnya tubuh kalian saja ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Posts

© 2022 Northwalesassociation - WordPress Theme by WPEnjoy